Tips agar kita lebih bersemangat memasuki semester baru

06/03/23 Setelah menghadapi UAS atau Ujian Akhir Semester Ganjil TA 22/23, di Kampus tercinta Unusida dan biasanya mahasiswa akan mendapatkan libur semester lebih kurang sebulan lamanya. Saat masuk kembali, hal ini terkadang membuat mahasiswa khususnya mahasiswa filkom dan mahasiswa fakultas lainnya, yang masih merasakan ‘suasana liburan’ yang biasanya membuat lebih sulit beranjak dari kasur. Terkhususnya untuk mahasiswa kelas pagi, dan kelas malam terlalu lelah terhadap kerjaan sekaligus kuliahnya. Lalu, bagaimana tips agar kita lebih bersemangat memasuki semester baru? Berikut 5 tipsnya.

1. Selesaikan Semua Tugas Yang Tertunda, “Menyelesaikan semua tugas dan kewajiban yang tertunda akan lebih meringankan beban baru saat kita menghadapi semester baru”. Hal ini akan membuat kita lebih bersemangat ketika menjalani semester baru.

2. Tidur Lebih Awal dan Cukup Waktu“Mungkin saat libur semester kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan bergadang dan melakukan hal-hal lainnya hingga larut malam”. Setelah akan masuk kuliah dan semester baru, ada baiknya hal tersebut tidak dilakukan lagi apa lagi sering begadang. Tidur diawal waktu dan 8 jam sehari membuat kita lebih segar saat bangun pagi harinya dan bersemangat dalam menjalani aktivitasnya.

3. Rencanakan Untuk Mengikuti Hal-Hal Positif Baru, ketika pertama memasuki semester baru. “Ada baiknya kita mulai rencanakan hal-hal baru yang bisa kita ikuti di semester baru, misalnya sebelumnya kita tidak mengikuti satupun Unit kegiatan mahasiswa, Kita bisa mulai mendaftar unit kegiatan mahasiswa olahraga seperti futsal ataupun mendaftar ke Unit kegiatan mahasiswa lainnya”. Mulai aktif mengikuti berbagai kegiatan Himpunan mahasiswa juga bisa atau ajak temanmu agar lebih bersemangat saat mengikutinya.

4. Rencanakan Untuk Mengunjungi Tempat-Tempat Baru. “Semisal pergi ke café baru, mengunjungi toko buku bekas, menonton bioskop dengan teman-teman kampus sesuai jam kuliah telah usai”. ada beberapa hal yang boleh sesekali kita lakukan untuk merefresh pikiran dan membuat kita bersemangat memasuki kuliah disemester baru.

5. Bikin To Do List Untuk Target yang Ingin Dicapai. “Ketika IPK yang tidak sesuai target, beberapa tugas yang terbengkalai, dan tidak mengikuti satupun seminar dan kegiatan kampus mungkin adalah beberapa hal yang ingin kita rubah saat memasuki semester baru”. Ditulis dan disusun List yang bisa kamu ingin capai di semester baru berikutnya untuk peningkatan kualitas dirimu dalam mencapai suatu tujuan.